Menerapkan Rukun islam Untuk Anak

Seperti yang kita tahu bahwa rukun islam ini ada 5, rukun islam ini sangatlah penting untuk umat islam karena fungsinya sebagai pondasi wajib supaya kita bisa menjadi orang yang beriman. Sebagai orang tua kamu perlu mengenalkan rukun islam ini kepada anak kamu sejak dia masih kecil, mengajarkan rukun islam ini cukup kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari. Pada artikel ini yuk kita bahas bagaimana cara menerapkan rukun islam dalam kehidupan sehari-hari untuk anak. Tanpa banyak basa basi yuk langsung saja simak penjelasnnya di bawah ini.

1. Syahadat

Rukun islam yang paling pertama adalah syahadat. Shyahadat ini hukumnya wajib dilakukan untuk seseorang yang ingin menjadi seorang muslim. Kamu bisa menjelaskan kepada anak kamu bahwa syahadat ini memiliki arti bahwa kita hanya patut menyembah Allah SWT, tidak ada yang lain, dan juga tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Hanya Allah SWT lah yang bisa menguasai seluruh isi yang ada di alam semesta. Sebagai orang tua kamu juga jangan hanya mengenalkan arti rukun islam saja, tapi kamu juga harus mengajarkan anak kamu untuk bisa menerapkan dan juga mengamalkan rukun islam.

2. Shalat

Yang kedua adalah shalat, melakukan shalat ini hukumnya wajib, shalat ini merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Shalat ini dibagi menjadi 5 waktu. Sebagai orang tua kamu bisa menjelaskan secara singkat menganai shalat berdasarkan waktunya dan jumlah rakaatnya.

  • Pertama adalah shalat subuh, shalat subuh ini di lakukan sebelum terbit wajtu fajar biasanya diantara pukul 04.00 pagi, shalat subuh ini dilakukan sebanyak 2 raka’at.
  • Kedua adalah Shalat Dzuhur, shalat dzuhur ini di lakukan di siang hari biasanya sekitar pukul 12.00, shalat dzuhur ini dilakukan sebanyak 4 raka’at.
  • Ketiga adalah Shalat Ashar, shalat ashar ini di lakukan di sore hari biasanya sekitar pukul 15.30, shalat ashar ini dilakukan sebanyak 4 raka’at.
  • Keempat adalah Shalat Maghrib, shalat magrib ini di lakukan pada saat matahari sudah terbenam bisanya pukul 18:00, shalat maghrib ini di lakukan sebanyak 3 raka’at.
  • Terakhir adalah Shalat Isya, shalat isya ini di lakukan pada malam hari sekitar pukul 19.00, shalat isya ini dilakukan sebanyak 4 raka’at.

Setelah kamu menjelasakan mengenai waktu dan jumlah rakaatnya kamu sebaiknya ajarkan anak kamu bagaimana cara-cara untuk melakukan shalat dengan cara shalat berjamaah di rumah. Kenalkan bacaan wajib untuk shalat dan juga surat-surat pendek yang mudah, lakukan shalatnya secara rutin dan juga bertahap.

3. Puasa pada bulan Ramadhan

Yang ketiga adalah puasa pada bulan Ramadhan, puasa pada bulan Ramadhan ini wajib di lakukan untuk seluruh umat islam yang ada di dunia. Berpuasa ini tentu saja memiliki tujuan yang baik yaitu untuk mencapai ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dari puasa juga kita bisa mengambil sebuah hikmah, diantaranya untuk melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati untuk orang yang sedang kelaparan, dan yang terakhir untuk menahan hawa nafsu. Untuk permulaan mengajarkan anak berpuasa, kamu tidak perlu langsung menyuruhnya berpuasa selama sehari penuh, kamu bisa menyuruhnya untuk berpuasa setengah hari dan selanjutnya bertahap.

4. zakat

Yang keempat adalah zakat, zakat ini kewajiban yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk harta yang mereka memiliki. Menunaikan zakat ini memiliki tujuan supaya kamu bisa menyisihkan sebagian harta untuk orang lain. Didalam agama Islam ada beberapa jenis zakat, Diantaranya:

  •  Zakat fitrah yang dilakukan saat bulan puasa.
  •  Zakat mal, yang dikeluarkan dari penghasilan jumlah sebesar 2,5% dari penghasilan.
    Dengan memberi akat kamu bisa mengajarkan anak kamu nilai-nilai kemanusiaan, dengan begitu anak kamu bisa menyayangi dan membantu sesama umat.

5. Melakukan ibadah haji bila mampu

Yang terakhir adalah melakukan haji jika mampu. Ibadah haji ini hukumnya tidak wajib jadi tidak semua umat islam wajib pergi haji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *