Masih Jarang Servis Rutin Mobil? Coba Perhatikan Hal-Hal Ini

Apakah Anda salah satu pengguna mobil Toyota? Jika iya, sudah seberapa sering Anda melakukan servis rutin pada kendaraan tersebut? Service Toyota secara rutin memang harus dilakukan agar performanya bisa terjaga. Sayangnya, hal ini sering dilupakan oleh banyak pengguna karena merasa kondisi mobil masih baik-baik saja dan menyervis ketika sudah rusak parah.

Hal tersebut sangat berbahaya dan jika Anda masih termasuk orang di atas, sebaiknya segera tinggalkan. Ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi jika Anda jarang melakukan servis mobil secara rutin. Apa saja itu?

Dampak Negatif Jarang Servis Mobil Secara Rutin

  1. Sistem kelistrikan pada mobil akan terganggu

Dampak buruk yang pertama adalah terganggunya sistem kelistrikan yang ada pada mobil, salah satunya adalah pada bagian dinamo ampere atau alternator. Alternator ini mempunyai tugas yang cukup berat, yaitu memberikan pasokan arus listrik kepada beberapa komponen mobil seperti lampu, kaca jendela, wiper, dan pemutar musik. Sudah bisa dibayangkan bukan jika bagian tersebut rusak atau terganggu?

  1. Menurunnya kualitas mesin

Tak hanya sistem kelistrikan, mesin pun akan ikut terganggu jika Anda jarang melakukan servis rutin. Sebagai contoh adalah air radiator yang akan mengering. Padahal, radiator termasuk perlengkapan standar yang ada pada mobil modern. Radiator memiliki tugas yang cukup vital, yaitu menjaga suhu mesin agar tidak terjadi overheat.

Selain radiator, oli mesin juga harus diperhatikan. Oli mesin ini memiliki fungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin pada mobil. Jika oli tersebut kering atau mulai kotor, maka oli tersebut tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Hasilnya, mesin menjadi cepat panas dan bisa memicu kerusakan pada komponen mesin.

  1. Sistem pembakaran menjadi boros

Terakhir, jarang melakukan servis rutin akan membuat sistem pembakaran menjadi boros. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah busi. Padahal busi merupakan komponen yang berperan sangat penting dalam sistem pembakaran. Busi yang mati atau lemah akan membuat performa mesin menjadi menurun karena sistem pembakaran yang tidak stabil.

Pentingnya Melakukan Servis Rutin

  1. Memperpanjang usia mobil

Hal yang paling penting dalam melakukan servis rutin mobil adalah untuk memperpanjang usia mobil. Anda tidak mau mobil kesayangan Anda berumur pendek bukan? Dengan melakukan servis rutin, maka komponen-komponen yang sudah tidak bekerja dengan baik akan segera diperbaiki sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih besar di kemudian hari.

  1. Memberikan keselamatan di jalan

Sudah tidak sedikit terjadi kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi mobil yang tidak prima seperti rem blong dan sebagainya. Padahal, jika rutin melakukan servis mobil, masalah-masalah tersebut bisa diketahui dan segera diperbaiki. Perjalanan Anda pun akan menjadi lebih nyaman dan aman. Hal-hal kecil seperti wiper yang mati juga sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara.

  1. Mencegah biaya tak terduga

Salah satu alasan kenapa masih banyak yang enggan untuk melakukan servis rutin adalah karena harus mengeluarkan biaya. Padahal, uang yang dikeluarkan untuk melakukan servis rutin jauh lebih kecil dibandingkan uang yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki komponen mobil yang sudah telanjur rusak parah karena jarang melakukan servis rutin.

Selain itu, servis rutin juga akan menghindarkan Anda dari biaya tak terduga. Sebagai contoh mobil Anda mengalami gangguan di tengah perjalanan dan tidak bisa dinyalakan. Mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk menyewa towing guna membawa mobil yang mogok ke bengkel terdekat.

Tips Memilih Bengkel Toyota yang Tepat

Ada beberapa tips untuk Anda memilih bengkel yang tepat. Pertama, pastikan teknisi sudah profesional dan sangat paham dengan berbagai permasalahan pada mobil. Biasanya teknisi yang sudah profesional mempunyai sertifikat khusus.

Yang kedua adalah mempunyai SOP yang jelas. Baik itu servis di tempat atau layanan Toyota Home Servis, semuanya harus memiliki SOP yang jelas. Jangan sampai mekanik yang menangani mobil Anda bekerja secara sembarangan dan tidak teratur. Selain lama, hal tersebut juga berpotensi menimbulkan masalah pada mobil.

Toyota Astrido memiliki semua kriteria tersebut. Anda bisa melakukan servis berkala dengan mekanik yang sudah profesional dan mempunyai SOP yang jelas. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi www.toyotaastrido.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *